Sabtu, 14 Februari 2015

6 tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Banjarmasin

Assalamualaikum.

Saat agan berada dibanjarmasin, agan wajib mengunjungi tempat yang berada di kota seribu sungai ini.
Oke! tanpa basa-basi lagi langsung kita lihat apa saja tempatnya !!

1. Taman siring sungai Martapura Banjarmasin
Siring sungai Martapura adalah objek wisata baru yang dikembangkan oleh pemerintah. Siring Sungai Martapura di terdiri dari 2 (dua) lokasi yang saling berseberangan yaitu siring Jl. Jenderal Sudirman yang dibangun pada tahun 2004 dan siring Jl. P. Tandean yang masih terus dibangun hingga sekarang.
Selain berfungsi sebagai pelindung abrasi sungai, siring ini menjadi tempat bagi warga Banjarmasin dan para wisatawan untuk bersantai menikmati suasana sore hari di pinggir sungai Martapura. Angin sepoi-sepoi dan suasana teduh membuat banyak orang yang menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga di siring sungai Martapura.
Siring sungai Martapura juga sering menjadi tempat bagi komunitas anak muda untuk berkumpul dan bertemu setiap hari minggu. Para penggemar BMX dan skateboard juga sering menyalurkan hobi disalah satu bagian dari siring. Pada pagi hari, siring juga menjadi tempat orang jogging atau jalan pagi.
Sedangkan disiring Jl. P. Tandean, pada hari minggu menjadi pusat berkumpulnya warga Banjarmasin untuk menjalankan berbagai aktivitas, seperti senam, mengunjungi Pasar Terapung atau hanya berjalan-jalan bersama keluarga.
berikut SS nya :


Terlihat segarnya pemandangan pada pagi hari di taman siring sungai Martapura Banjarmasin.

Terlihat gemerlap nya siring sungai Martapura Banjarmasin pada malam hari.



2. Menara pandang
Kota Banjarmasin punya ikon baru, Menara Pandang Sungai Martapura. Menara pandang ini terlihat jelas dari samping Sungai Martapura. Agan bisa masuk ke dalam menara dan menikmati pemandangan sungai serta Kota Banjarmasin.
Banjarmasin punya objek wisata yang baru diresmikan Juni 2014 lalu, yaitu Menara Pandang yang terdapat di Siring Pierre Tendean, Sungai Martapura. Di sini turis bisa menyaksikan pemandangan pusat kota.
Bangunan Menara Pandang Sungai Martapura terletak di Jalan KP Tendean Banjarmasin, tinggi 21 meter dan berlantai empat dengan dengan biaya Rp14,5 miliar ini diharapkan akan menjadi ikon baru Kota Banjarmasin.
Berikut SS nya nih agan-agan :D :




3. Taman kamboja
Lokasi ini dulu dikenal dengan nama Lapangan Kamboja. Lapangan bola dulunya, yang sekarang sudah disulap menjadi taman yang cukup indah. Disini memang menjadi salah satu lokasi untuk warga kota melepaskan penat, sebagian yang lain menjadikan lokasi ini sebagai wadah untuk kumpul-kumpul beragam komunitas, mulai dari sulap, hingga fotografi.
Kita bisa menjumpai dengan mudah, anak-anak kecil bermain-main. Muda mudi yang berpose alay alayan. Ada jogging track yang cukup untuk terapi kaki, lapangan ini cukup besar dan berbanding terbalik dengan hutan kota yang hanya sepetak saja di pinggir sungai.

Berikut sedikit SS nya nih agan-agan :D :












4. Kawasan wisata kuliner (KWK)
Berlokasi di Jl. kayu tangi tempat ini menyediakan tempat makanan khas-khas kota seribu sungai ini, baru diresmikan tahun kemarin tempat ini sangat tertata rapi sehingga terlihat lebih indah.
Berikut SS nya nih gan :D :



5. Masjid Sultan Suriansyah
Salah satu tempat favorite ane karena ane sering sholat jum'at disini wkwk :D .
terletak di Kelurahan Kuin Utara, kawasan yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar yang pertama kali. Masjid ini letaknya berdekatan dengan komplek makam Sultan Suriansyah dan di tepian kiri sungai Kuin. Masjid yang didirikan di tepi sungai Kuin ini memiliki bentuk arsitektur tradisional Banjar, dengan konstruksi panggung dan beratap tumpang. Pada bagian mihrab masjid ini memiliki atap sendiri yang terpisah dengan bangunan induk dan diseberang masjid juga ada terdapat siring kecil biasanya siring ini digunakan untuk wisatawan hunting atau aly-alayan :D .

Berikut SS nya nih gan :D :

                                                                                                    
6. Pasar terapung siring
Yang terakhir nih gan pasar terapung siring dimana para warga menjual berbagai bahan dapur di atas kelotoknya masing-masing. Di Kalimantan Selatan sendiri, ada dua pasar terapung yang dikenal lebih dulu, yaitu “Pasar Terapung Kuin” di Banjarmasin dan “Pasar Terapung Lok Baintan” di Kabupaten Banjar. Kalau syuting yang nenek itu di pasar terapung kuin.

Berikut SS nya gan :D :
Ramai banget orangnya !!! :D

Akhirnya selese juga ane ngejelasin tempat nya satu per satu sebenernya ya gan padahal buanyak banget tempat yang juga harus ente kunjungin saat berada di Banjarmasin namun ane ngejelasin nya hanya 6 karna kalo semua nya bisa keriting jari ane ngetik wkwwkkwk :D .
Sekian post dari ane wassalam... :D
















1 komentar: